Pages

UNSUR INTRINSIK KARYA SATRA

sg : google
Unsur Intrinsik adalah unsur yang terdapat dalam karya sastra tersebut, unsur intrinsik sebenarnya adalah struktur karya sastra tersebut, lalu apa aja sih unsur unsur intrinsik karya sastra itu?

1. Tema 
Tema adalah gagasan pokok atau pokok masalah yang menjadi struktur isi cerita. tema dalam suatu cerita menyangkut segala persoalan seperti masalah kemanusiaan, kekuasaan, kasih sayang, sosial, cinta dll. Untuk mengetahui tema dalam suatu karya sastra perlu apresiasi menyeluruh terhadap berbagai unsur karangan itu.

2. Alur
Alur atau plot adalah jalan cerita, atau sebuah rangkaian peristiwa yang membentuk sebuah cerita. jenis alur bermacam macam ada alur mundur, alur maju, dan kilas balik (bukan maju mundur ya)

3. Latar/Setting
Latar atau setting meliputi tempat, waktu, dan suasana yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Segala yang meliputi ruang termasuk latar atau disebut setting.

4. Penokohan
Penokohan adalah penggambaran karakter tokoh tokoh yang ada dalam sebuah karya sastra tersebut. dalam sebuah cerita terdapat penokohan antagonis, protagonis dan tritagonis.

5. Sudut pandang (point of view)
Sudut pandan atau disebut point of view adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita. sudut pandang terbagi atas , pengarang terlibat, pengarang serba tau, dan pengarang sebagai pengamat.

6. Amanat
Amanat adalah pesan yang disampaikan pengarang melalui cerita, atau pesan yang terdapat dalam cerita tersebut. pesan ini dapat berupa harapan, nasihat, kritik, dan sebagainya.

Ok, itulah unsur unsur yang terdapat dalam karya sastra, selain unsur intrinsik juga ada unsur ekstrinsik juga dalam karya sastra, untuk unsur ekstrinsik akan kita bahas nanti ya.

Semoga Bermanfaat

1 komentar:

  1. Kunjungan balik, sob!
    Blognya cakep..dan isinya punya bagus-bagus.
    Thanks infonya.

    BalasHapus