Pages

PENCITRAAN PADA PUISI

Apa itu pencitraan dalam puisi? citra? kayak nama brand ya, jangan ngaur bukan itu yang kita bahas, kali ini kita bahas tentang pencitraan pada puisi.
Pencitraan  adalah gambaran angan yang bermanfaat dalam pemahaman puisi yang acuan maknanya bersifat indrawi. maksutnya pencitraan ini bersifat indrawi, segala yang bersangkutan dengan panca indra yang dibayangi oleh kata kata. Pencitraan sama dengan pengimajian, imaji dan citraan. pencitraan atau citraan sangat bermanfaat dalam menghidupkan puisi.lalu, apa aja sih pencitraan pada puisi?

pencitraan dalam puisi

1. Citraan penglihatan, adalah pencitraan yang berhubungan dengan indra penglihatan, contohnya "sambal tomat pada mata" larik tersebut termasuk citraan atau imaji penglihatan, karena pada struktur kata nya seolah olah sambal tomat tersebut ada pada mata.

2.Citraan pendengaran merupakan citraan atau pengimajian yang berhubungan dengan indra pendengaran, contohnya "seruling dipasir ipis, merdu" pada puisi Tanah Kelahiran karya Ramadhan K.H termasuk imaji pendengaran karena seolah terdengar seruling merdu.

3.Citraan rasa atau lidah (pengecap) aalah citraan atau pengimajian yang berhubungan dengan indra pengecap, contohnya "pahit nya rumput rumput pasir" yang seolah terasa pahit namun memiliki arti tersendiri.

4.Citraan peraba (rabaan) adalah citraan atau pengimajian yang berhubungan dengan indra peraba, contohnya "kurasakan hangatnya mentari hijau", segara hal yang berhubungan dengan perabaan, perusikan, akan digolongkan citraan rabaan

5.Citraan gerak (gerakan) adalah citraan atau imaji yang berhubungan dengan indra penggerak.

6.Citraan penciuman adalah citraan yang berhubungan dengan indra penciuman. contohnya "wangi nya mengusik jiwa" yang termasuk imaji penciuman.

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar