Pages

APA ITU LEGENDA

Assalamualaikum wr wb.

sumber gambar : google

Mungkin kata legenda sudah sering diucapkan orang, namun terkadang ada beberapa orang yang tidak mengetahui maksut legenda tersebut, kebanyakan orang menyangka legenda adalah cerita zaman dahulu , benarkah demikian?
Mari kita simak pengertian legenda menurut wikipedia

Legenda (bahasa Latinlegere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai "sejarah" kolektif (folk history). Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung sifat-sifat folklor(wikipedia.org)

Nah diatas adalah penjelasan legenda yang dikutip dari wikipedia sedangkan menurut bukuSari Kata Bahasa Indonesia, Legenda adalah cerita rakyat jaman dahulu berkaitan dengan peristiwa dan asal-usul terjadinya suatu tempat. 

Jadi , LEGENDA adalah cerita rakyat yang dianggap sebagai suatu kejadian yang sungguh sungguh terjadi pada zaman dahulu. Menurut Jan Halord Brunvard legenda dapat digolongkan menjadi 4 yaitu:

1-Legenda keagamaan (religious legend) adalah legenda yang memuat kisah keagamaan.

2-Legenda alam gaib  adalah legenda yang memuat kisah yang seolah pernah terjadi pada seseorang.

3-Legenda daerah setempat, adalh legenda yang berhubungan dengan cerita suatu tempat (daerah)

4-Legenda Perseorangan, adalah legenda mengenai tokoh tokoh tertentu yang dianggap ceritanya benar 

Contoh legenda antara lain, legenda danau toba, legenda kerajaan pantai selatan, legenda asal mula surabaya dan lain lain.

Selanjutnya mengenai legenda akan dibahas dipost berikutnya, semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar