Pages

CARA MENDEKLAMASIKAN PUISI DENGAN BAIK DAN BENAR

Assalamualaikum wr wb.

sumber gambar : google

Holaaa, balik lagi nih, setelah udah lama ga update kali ini gue akan ngebahas tentang cara mendeklamasikan puisi yang baik itu gimana, nah langsung saja berikut ini adalah teknik dasar yang dapat kamu coba buat berlatih mendeklamasikan puisi

1- Kenali dulu gaya atau jenis puisi tersebut. kamu harus membawa puisi tersebut sesuai dengan jenis puisi tersebut, jangan menyimpang dari isi puisi tersebut . misalnya puisi yang religius dibawakan dengan suasana syahdu, puisi perjuangan dibawakan dengan semangat.

2- Hayati dan pahami isi puisi tersebut. menghayati puisi dengan interpretasi kamu sendiri akan membuat puisi tersebut lebih menyatu dengan kamu, jadi bisa lebih menjiwai dalam membawakannnya.

3- Baca puisi tersebut secara berulang-ulang. karena dengan membaca berulang-ulang kamu akan lebih menjiwai dan paham isi puisi tersebut. namun selama menghayati dengan membaca berulang-ulang jangan sampai terpengaruh oleh suasana sekeliling. dengan begitu kamu akan menyatu dengan seluruh bait puisi dengan keseluruhan makna didalamnya secara penuh.

4-Lakukan secara berulang ulang, dan perhatikan cara pembawaan kamu seperti intonasi, mimik yang perlu dalam mendeklamasikan puisi.

Dalam mendeklamasikan puisi, pembaca bukan hanya mengucapkan kata-kata, namun ia bertugas untuk mengomunikasikan ekspresi perasaan penyair, jadi pembaca harus benar benar dapat menjiwai isi puisi tersebut.

semoga bermanfaat

2 komentar: